Rabu, 31 Oktober 2007

Perumpamaan Orang Beriman

Perumpamaan Orang Beriman

Dari Nu’man bin Basyir ra, ia berkata: Rasulullah bersabda: Perumpamaan orang yang beriman yang saling mencintai dan menyayangi serta saling mengasihi bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota sakit, maka yang lain ikut merasakan hingga tidak bisa tidur.

Dari Ibnu Umar ra, ia berkata: Rasulullah bersabda: Sesama Muslim itu saudara. Karena itu jangan menganiaya dan mendiamkannya. Siapa saja yang memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memprhatikan kepentingannya. Siapa saja yang melapangkan suatu kesulitan terhadap sesama mMuslim, maka Allah akan melapangkan satu kesulitan dari beberapa kesulitan di hari kiamat. Dan siapa saja yang menutupi kejelekan orang lain, maka Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat. (HR Bukhori dan Muslim)

Dari Abu Huroiroh ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: Sesama muslim jangan mengkhianati, mendustai dan membiarkannya. Seorang muslim haram, mengganggu kehormatan, harta dan darahnya. Takwa itu ada di sini (sambil menunjuk dadanya). Seseorang cukup dianggap jahat apabila ia menghina saudaranya yang Muslim (HR Tirmizi)

Tidak ada komentar: