Jumat, 05 Oktober 2007

Mimpi Melihat Lima Jari

Mimpi Melihat Lima Jari

Al Imam Malik ra mimpi bertemu malaikat Maut (Izrail) dan bertanya kepadanya, “Kapan ajalku datang?” Malaikat Maut, tidak menjawab tetapi hanya dengan menunjuk kelima jarinya.

Ketika bangun Imam Malik ra, merenungi apa yang dimaksud dengan lima jari itu. Apakah berarti lima tahun, lima bulan, lima minggu atau lima hari?

Kemudian beliau mendatangi Ibnu Sirin, seorang Ulama besar dan ahli menta’wilkan mimpi. Mendengar hal itu, Ibnu Sirin tersenyum dan berkata, “Yang dimaksud malaikat Maut dengan menunjuk kelima jarinya itu ialah lima perkara yang yang menjadi khususiyah Allah semata dan tercantum dalam ayat terakhir surat Lukman.

Mendengar jawaban yang memuaskan itu, Imam Malik ra tersenyum pula. Adapun ayat yang dimaksud yaitu: “Sesungguhnya Allah, pada sisi-Nya lah pengetahuan tentang hari kiamat, dan Dialah yang menurunkan hujan dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim, dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok, dan tiada seorang pun yang mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Dalam Pengetahuan-Nya.” (QS Lukman:34)

Tidak ada komentar: