Kamis, 04 Oktober 2007

Kriteria Dosa

Kriteria Dosa

1. Dosa yang dianjurkan untuk dirahasiakan, yaitu dosa seorang muslim yang menzalimi dirinya sendiri, belum diketahui oleh umum dan tidak ada kaitannya dengan hak orang lain secara langsung. Sedangkan pelakunya sendiri tidak ingin orang lain tahu akan aibnya. Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat.”
2. Dosa yang diperbolehkan membukanya, yaitu kesalahan yang berkaitan erat dengan orang banyak. Jika perbuatannya tidak dibuka akan mengakibatkan keburukan bagi kehidupan umat. Misalnya menentukan kedhoifan perawi hadits, perjodohan, memilih calon pemimpin.
3. Dosa yang boleh dimaafkan, yaitu dosa yang terkait dengan hak kita sendiri. Sebagai orang yang dizalimi kita boleh membalas atau memaafkannya; tetapi Allah menganjurkan untuk memberi maaf karena hal itu lebih baik dan lebih dekat dengan takwa.
4. Dosa yang tidak boleh dimaafkan, yaitu dosa yang merugikan orang lain dan belum dimaafkan yang bersangkutan atau dosa yang haddnya sudah diketahui seperti mencuri, berzina, menuduh berzina dan lain-lain.

Tidak ada komentar: